Terkadang, pelaku usaha menganggap bahwa memiliki website bisnis saja sudah cukup. Fenomena ini bisa dipahami, mengingat sebagian dari kita masih kurang melihat digital marketing sebagai sebuah proses yang utuh. Asalkan punya website, rasanya sudah cukup.
Sejatinya, tidak sedikit hal yang bisa dieksplorasi di dalam website. Salah satunya membangun blog sebagai strategi marketing jangka panjang.
Di samping memberikan edukasi terkait produk maupun jasa yang ditawarkan, kumpulan artikel juga dapat menaikkan traffic website kita hingga muncul di page one Google.
Masih ada banyak lagi manfaat membuat blog untuk website bisnis kita. Berikut ini kami sajikan 5 di antaranya!
-
Membidik Potential Market
Google ibarat “surga” bagi penjual yang mencari pelanggan potensial. Mengapa demikian? Masyarakat kini sangat bergantung pada search engine untuk menemukan sebuah informasi. Termasuk produk atau jasa yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan mereka.
Orang-orang ini merupakan calon pembeli yang potensial.
Mereka bukan tidak mungkin menemukan konten blog Anda. Membaca artikel, teredukasi, kemudian mengenal siapa dan apa yang Anda jual.
Semakin sering blog Anda diklik dan menjawab masalah pasar, maka konten artikel tersebut akan semakin bertahan lama di Google dan mengundang lebih banyak lagi potential market yang memiliki persoalan serupa.
-
Meningkatkan Kunjungan Website
Bayangkan Anda mempunyai toko di pinggir jalan, tapi nggak ada satu pun orang yang mampir. Apakah penjualan bisa meningkat?
Begitulah website yang sepi dari pengunjung. Jangankan terjadi konversi, orang-orang bahkan belum tentu mengenal produk Anda dan manfaatnya bagi mereka.
Konten blog punya andil dalam mendongkrak trafik website. SEO Tribunal mencatat, bisnis yang memiliki blog biasanya menerima 55 persen kunjungan lebih banyak ke website mereka. Blog bisnis pun rata-rata 434 persen lebih sering terindeks oleh Google.
-
Tampil Lebih Ahli dan Profesional
Bikin toko online fashion, kok CS-nya nggak paham jenis-jenis bahan pakaian? Jualan alat elektronik kok bingung ketika pelanggan komplain ada kerusakan tertentu?
Konten-konten blog bisa mencegah anggapan tersebut muncul. Melalui serangkaian artikel berkualitas, pelanggan akan menilai Anda sebagai bisnis yang reputasinya baik dan memahami betul-betul apa yang sedang ditawarkan ke pasar.
Secara tidak langsung, blog dapat membuat Anda tampak profesional. Dengan sendirinya, kepercayaan konsumen pun turut meningkat.
-
Jadi Lebih Dekat dengan Pelanggan
Manfaat paling nyata dari blog yang edukatif adalah Anda menjadi lebih dekat dengan calon konsumen.
Mereka tidak lagi merasa sebagai orang-orang yang hanya diperas dompetnya. Namun, juga menjadi bagian dari proses bisnis kita. Anda dapat meminta mereka berbagi ide konten, mengadakan fun survey, membuat QnA, hingga wawancara mengenai pengalaman konsumen selama berinteraksi dengan brand kita.
Dari sekumpulan pelanggan yang mulai loyal, kita bahkan bisa membangun komunitas sesuai dengan niche produk Anda.
-
Investasi Jangka Panjang
SEO (search engine optimization) selalu dikenal sebagai strategi marketing jangka panjang. Begitu pula dengan blog sebagai salah satu elemen penting dalam SEO. Dampaknya bagi bisnis mungkin tidak langsung terlihat, tetapi manfaatnya bisa dirasakan di masa mendatang.
Baik trafik, reputasi, lead atau kontak yang masuk, hingga komunitas diperoleh dalam waktu yang tidak singkat. Butuh kesabaran dan keuletan. Apabila konsisten memperbarui konten, blog bisa membuat bisnis Anda bertahan lama, setidaknya di dunia digital.
Tidak perlu terlalu terburu-buru. Bisnis itu bukan lomba sprint, tetapi marathon yang memerlukan napas panjang.