Demi memperoleh posisi terbaik di hasil pencarian Google atau bahkan muncul di halaman pertama, kita tidak boleh mengabaikan peran vital BACKLINK.
Apa itu backlink?
Sederhananya, backlink merupakan link/tautan di website maupun blog lain yang mengarah ke website kita.
Saking pentingnya backlink, banyak ahli SEO di luar sana rela menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk mendapatkan backlink berkualitas. Di samping membenahi website dan konten di dalamnya, mempunyai sejumlah backlink yang powerful dapat menentukan seberapa lama website kita bertahan di page one Google.
Ada banyak jenis backlink. Namun apabila dikerucutkan, setidaknya terdapat 3 macam backlink yang wajib kita optimalkan, yaitu: Backlink Profil, Backlink Komentar, dan Backlink Kontekstual.
-
Backlink Profil
Backlink jenis ini bisa kita dapatkan dengan membuat akun dan mengisi profil di sejumlah website, forum online, serta media sosial. Di profil tersebut, cukup tempatkan link yang mengarah pada website kita.
Beberapa situs yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat Backlink Profil, antara lain Kompasiana, Medium, Twitter, Kaskus, Google My Business, Linkedin, dan sebagainya.
Semakin banyak backlink yang dibangun, maka semakin besar pula kesempatan website Anda nangkring di halaman pertama Google. Sebagai catatan, tetap harus dikombinasikan dengan jenis backlink lainnya, ya.
-
Backlink Komentar
Untuk memaksimalkan backlink ini, mula-mula, carilah website atau blog yang mempunyai niche yang sama dengan situs Anda.
Kemudian, berikanlah komentar di salah satu artikel sembari menaruh link yang mengarah pada website kita. Backlink yang muncul di kolom komentar itulah yang disebut Backlink Komentar atau Blog Comment Backlink.
-
Backlink Kontekstual
Secara singkat, backlink kontekstual bisa diartikan sebagai link yang berada di dalam suatu konten dengan topik yang relevan. Kalau website kita mengenai sepakbola, backlink harus dipasang dalam konten yang juga membahas tema serupa.
Menurut Ibrahim Vatih, backlink jenis ini lebih powerful dibandingkan backlink lainnya. Mereka yang bermain di dunia SEO harus mengerahkan sumber dayanya untuk mendapatkan contextual backlink berkualitas sebanyak-banyaknya.
Ibarat mencari mutiara di dasar samudera, mendapatkan backlink dengan nilai SEO tertinggi juga tidak mudah.
Jarang sekali seseorang mau memasukkan link website orang lain ke dalam kontennya. Kecuali dalam rangka lomba atau event tertentu. Artinya, mereka juga harus mendapatkan benefit dari menautkan situs kita.
Karenanya, cobalah aktif di forum blogger atau komunitas pemain SEO. Barangkali Anda menemukan teman-teman yang mau saling mengirimkan backlink.
Kalau punya budget berlebih, tidak ada salahnya membayar Jasa Content Placement atau PBN (Private Blog Network).
Demikianlah, sekilas mengenai 3 jenis backlink untuk mengoptimalkan SEO. Ikuti terus artikel di Mastah.id untuk mendapatkan tips menarik lainnya!