5 Ide Digital Marketing untuk UMKM di Tahun 2021

5 Ide Digital Marketing untuk UMKM di Tahun 2021

Tahun 2021 terasa berat, ya?

Covid 19 belum selesai. Banyak karyawan kena PHK. Tidak terhitung UMKM yang terpaksa gulung tikar.

Namun, mudah menyerah dan putus asa bukanlah karakter seorang pemilik bisnis, sekecil apa pun bisnis yang Anda miliki.

Para pelaku UMKM masih mempunyai segudang kesempatan untuk bangkit dan terus berkembang. Salah satu caranya, tentu dengan mengoptimalkan digital marketing.

Bagaimana teknik dan strategi yang tepat bagi UMKM dalam menjalankan digital marketing, khususnya di tahun 2021?

Berikut ini 5 ide sederhana memaksimalkan digital marketing dari Mastah.id!

  1. Gunakan Video Marketing

Kehadiran Instagram Reels, yang disinyalir sebagai respons atas melejitnya TikTok, semakin menunjukkan betapa pentingnya konten video.

Tidak perlu sungkan mengekspos isi dapur usaha, mengenalkan para staf kepada follower, maupun bercerita mengenai latar belakang berdirinya usaha Anda.

Bittersweet by Najla pernah membuktikan kekuatan dari online video marketing ketika mempromosikan produknya yang berhadiah emas dan sejumlah uang.

  1. Buatlah Akun Google My Business

Salah satu tips digital marketing yang simpel dan gratis ialah membuat akun di Google My Business.

Di sana, Anda dapat mencantumkan profil usaha, foto produk dan toko fisik, alamat beserta rutenya, jam buka, nomor telepon, hingga blog.

Fitur-fitur yang tersedia sangat berguna untuk memaksimalkan SEO lokal. Artinya, Anda lebih berpeluang besar merangkul orang-orang di sekitar jangkauan kilometer tertentu apabila usaha Anda tampil di Google My Business.

Google juga menyajikan fitur rating dan review yang dapat diisi oleh siapapun. Sebuah peluang untuk menaikkan nilai brand melalui testimoni positif dari para pelanggan.

Survei dari Bright Local pada tahun 2020 menyebuatkan bahwa lebih dari 86 persen orang mempercayai ulasan online seperti mereka meyakini rekomendasi temannya.

  1. Manfaatkan Website sebagai Penghubung

Bisnis Anda mempunyai produk sendiri, bukan reseller maupun dropshiper?

Kami sarankan, bangunlah website sendiri. Biarkan agen dan distributor Anda yang masing-masing berjualan di marketplace manapun.

Mengapa?

Pertama, karena marketplace adalah pasar online yang terlalu padat oleh toko yang saling banting harga.

Kedua, website sendiri merupakan rumah yang bebas Anda rombak sesuka hati. Hanya Anda yang berhak mengatur struktur, desain, dan isinya.

Di samping menampilkan produk, Anda dapat memperkaya website dengan menulis blog maupun konten marketing lainnya.

Bisnis Anda pun akan tampak lebih profesional serta lebih dekat dengan pelanggan. Tinggal menunggu waktu hingga penjualan dan brand awareness usaha Anda meningkat.

  1. Omnichannel

Apa tuh?

Kesalahan sebagian UMKM dalam digital marketing, salah satunya, hanya mengandalkan satu channel.

Merasa cukup hanya bermain di Instagram.

Merasa cukup sekadar punya website.

Merasa cukup bersenang-senang membuat video di TikTok.

Setiap platform mempunyai karakter yang berbeda, dan tentu saja behavior penggunanya berbeda pula.

Terlalu banyak memilih platform juga kurang tepat.

Manfaatkan dua hingga tiga platform yang saling terhubung.

Misalnya, Anda menggunakan Instagram dan TikTok untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya. Berikutnya, arahkan mereka ke website apabila ingin mengenal atau membeli produk.

  1. Berkolaborasi dengan Agensi Digital

Berbeda dengan perusahaan besar, UMKM biasanya dipimpin oleh seorang CEO alias Chief Everything Officer.

Dia yang memikirkan masa depan bisnis. Dia yang memproduksi. Dia yang memasarkan. Dia yang mencatat keuangan. Dia pula yang packing dan kirim barang.

Mau hire pegawai, tapi khawatir nggak sanggup menggaji.

Sedangkan digital marketing merupakan pekerjaan tim. Tidak cukup hanya dikerjakan satu orang.

Di titik ini, tidak ada salahnya Anda bekerja sama dengan agency digital.

Mereka umumnya berisi tim yang ahli di bidang masing-masing. Mulai dari desainer grafis, copywriter, advertiser, hingga customer service.

Biayanya bisa beragam. Di Mastah.id sendiri, sebagai perusahaan jasa digital marketing di Jakarta, menerapkan biaya yang nilainya setara apabila Anda mempekerjakan satu orang digital marketing specialist.

Harga yang tergolong murah, dibandingkan Anda merekrut beberapa orang untuk keahlian yang berbeda-beda.

Mastah.id pun akan menyajikan laporan yang detail, valid, dan jelas mengenai aktivitas digital marketing Anda secara berkala.

Sudah siap Go Online? Mastah.id siap menemani usaha Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mastah.id adalah perusahaan yang membantu mengembangkan bisnis Anda melalui teknologi dan transformasi digital, dengan tiga lini utama:
– Digital Marketing
– Software House
– Digital Course

Alamat

Jl. Merdeka Raya Blok 6 No.7, RT.1/RW.7, Abadijaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16417

0813-9859-0029

09.00 - 17.00 WIB

© 2021 Mastah.id | Managed by Mastah Digital Indonesia