Mau meningkatkan penjualan, membangun awareness, atau mendatangkan traffic lebih banyak untuk bisnis kita dalam waktu relatif cepat dan jelas data pengukuran evaluasinya?
Facebook Ads bisa jadi solusi terbaik.
Facebook telah menjadi platform media sosial terbesar di dunia.
Di sinilah rumah bagi 500 ribu pengguna baru setiap hari, dengan rata-rata 6 profil anyar muncul setiap detiknya.
Per Februari 2021 kemarin, Facebook juga mengklaim bahwa ada sekitar 3,3 miliar pengguna yang aktif mengakses aplikasi mereka setiap bulannya.
Di Indonesia sendiri, jumlah penggunanya telah mencapai lebih dari 140 juta user.
Total pengakses yang luar biasa tersebut tentu merupakan peluang bagi para pebisnis.
Namun, jumlah pengguna bukanlah satu-satunya alasan.
Setidaknya, ada 5 alasan mengapa para pebisnis dan marketer “haram”hukumnya mengabaikan Facebook Ads!
-
Hasil yang Efektif
Keefektifan iklan di Facebook tidak lepas dari kemampuan robot mereka membaca data sosial dan kebiasaan penggunanya.
Ada dua tipe data besar yang menjadi acuan machine learning Facebook.
Pertama, data geografis. Terdiri dari negara pengguna, jenis kelamin, usia, bahasa, pendidikan, status hubungan, pekerjaan, dan masih banyak lagi.
Kedua, data psikografis. Meliputi minat atau interest, perilaku atau behaviour, dan sebagainya.
Di samping itu, Facebook juga terhubung dengan aplikasi dan media sosial lain guna merekam tingkah laku user secara lebih valid.
Semakin tepat dan spesifik target pasar yang dibidik, maka semakin efektif pula iklan yang dihasilkan melalui Facebook.
-
Format Lengkap dan Sesuai Kebutuhan
Dasbor Facebook Ads menyediakan banyak sekali pilihan objective yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kita.
Secara garis besar, ada 3 jenis campaign objective yang ditawarkan.
Awareness, yaitu kampanye atau iklan yang berfungsi memancing perhatian konsumen sebanyak-sebanyaknya terhadap brand atau produk kita.
Consideration, yaitu jenis iklan yang berfungsi menarik calon konsumen ke dalam circle bisnis kita.
Misalnya dengan membangun interaksi/engagement, menonton video, atau mengunjungi web.
Conversion, yaitu iklan yang mengarahkan konsumen untuk segera melakukan konversi.
Contohnya, menghubungi nomor admin untuk membeli barang yang kita iklankan.
-
Mudah Digunakan dan Bisa Dipelajari
Sekompleks apa pun fitur di dalamnya, nyatanya siapapun dapat mempelajari Facebook Ads.
Tampilannya sederhana dan bahasanya pun mudah dipahami. Facebook sendiri juga menyediakan panduan yang lengkap.
Cukup dengan beberapa klik saja, kita sudah bisa menjalankan iklan di Facebook maupun Instagram.
-
Cepat dan Mudah Diukur
Klik sana, klik sini.
Asalkan seluruh materi kampanye sudah siap, iklan pun dapat segera dijalankan.
Ada review sedikit memang dari Facebook, tapi biasanya tidak memakan waktu lama.
Setelah iklan bekerja, hasilnya pun dapat kita lihat secara real time dan diukur saat itu juga.
Facebook telah menyediakan data penting seperti besaran cost per click (CPC), result, content views, dan sebagainya sebagai bahan evaluasi bagi si pengiklan.
-
Bisa Dimulai dari Budget Minimal
Bisnis kecil maupun korporasi besar sama-sama dapat beriklan di Facebook.
Kapanpun, dengan budget sekecil berapapun.
Sebuah kampanye dapat dijalankan mulai dari puluhan ribu per hari.
Ketika berhasil mendapatkan winning campaign atau iklan dianggap menguntungkan, anggaran tersebut pelan-pelan bisa kita perbesar.
Ada banyak cara untuk mendulang eksposur yang lebih besar bagi bisnis kita dan memperoleh pelanggan baru.
Dan Facebook Ads adalah salah satu jalannya.
Kalau masih bingung, yuk bebas konsultasi bareng Mastah.id. Barangkali bisnis Anda perlu scalling up melalui optimasi Facebook Ads. Ciayo!